Ianpanrita = Irhamullah

Irhamullah

Di Atas Bumi Di Bawah Langit
Irhamullah

Belajar dasar pemograman PHP

August 7, 2010, by ianpanrita, category PHP

PHP merupakan bahasa pemograman yang berjalan didalam server yang didesain khusus untuk aplikasi web, dan mampu membuat sebuah website menjadi dinamis dan interaktif. PHP juga dapat mengolah suatu data yang berada pada komputer client dan dari komputer server kemudian dieksekusi, sehingga yang dikirim ke browser adalah hasil jadi dalam bentuk HTML dan kode PHP tidak dapat terlihat.
Untuk menulis bahasa pemograman PHP memerlukan IDE ( Integrated Development Environment ) contohnya seperti Dreamweaver, Netbiens, Textpad, PSPad, Textpad, ataupun menggunakan notepad. Pada kali ini saya cuma mengunakan Notepad ++. Kemudian untuk menampilkanya pada local komputer ( localhost ) dapat mengunakan Xampp, Appserv, Wamp atau Lamp pada linux. Dimana program tersebut sudah terdapat beberapa program seperti Apache web server, MySQL, PHP. Untuk saat ini saya menggunakan Appserv
Cara penulisan pada program PHP diawali dengan tanda ( “<?php” ) atau ( “<?” ) dan menutup dengan ( “?>” ) Dalam penulisan perintah PHP mesti diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ). Seperti pada contoh berikut :

<?php
	echo β€œIan panrita cakep dech !!!”;
?>

Jika anda menggunakan Appserv, maka silahkan anda menaruh file tersebut pada folder -> Appserv -> www

Kemudian anda simpan dengan nama apa saja dengan ekstensi .php

Maka hasilnya seperti berikut :

Contoh lainya :

<?
 echo 'Ian lagi belajar PHP<br>';
 echo 'pada tanggal : ' . date('D d F Y');
?>

Maka hasilnya seperti berikut :

Hasil dari skrip tersebut menampilkan tanggal pada saat anda mengakses skrip tersebut.

Selamat belajar kawan… saya juga baru belajar nih… hehehhehe… smoga bermanfaat yah..

.

4 Comments

    • ianpanrita |

      bedanya cuma ditampilan dan tempat foldernya, klo xammp tempat folder untuk file web kita berada pada folder htdocs sedangkan pada appserv berada pada folder www.
      semua bagus, klo saya pakai xammp kadang juga appserv.. hehehhehehe
      tapi itu dulu waktu masih pake windows, skrng dah pake linux jadinya saya instal satu2, nga satu pake sprti xammp dan appserv.

      Reply

So, what do you think ?