Ianpanrita = Irhamullah

Irhamullah

Di Atas Bumi Di Bawah Langit
Irhamullah

Software Sistem Penjualan dan Keuangan Spare Part Mobil Motor

June 11, 2014, by ianpanrita, category blogs, Produk

dashboard

Secara umum Sistem Point of Sales dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang dirancang bagi usaha dagang dan distribusi spare parts otomotif yang memerlukan pembukuan yang terintegrasi dengan pengelolaan stok, mulai dari mengelola uang, keluar masuk barang, hutang piutang, tagihan sampai dengan laporan dan grafik.
Sistem POS merupakan sistem komputerisasi untuk mencatat dan mengolah transaksi-transaksi penjualan serta manajemen persediaan. Fungsi utama dari sistem POS ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penyediaan informasi mengenai penjualan dan persedian. Dengan implementasi sistem POS ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan serta informasi yang dihasilkan dari pengolahan data menjadi akurat, tepat waktu, dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Dengan Sistem POS ini tentunya akan memudahkan mencatat semua transaksi distribusi usaha dan juga dapat memantau dan terjadi kewajaran dalam pembelian. Mengingat banyaknya sentra penjualan yang dimiliki, implementasi sistem POS ini merupakan investasi yang sangat besar. Bagi pihak manajemen, tentunya sistem POS yang diterapkan ini menghasilkan manfaat yang cukup signifikan bagi pemilik bidang usaha.

Manfaat

Adapun keuntungan yang diperoleh dengan adanya penerapan Sistem Informasi Point of Sales adalah :

  • Memantau jumlah stok barang secara real time
  • Mencatat pembelian dan penjualan item, otomatis cetak invoice
  • Mudah mengelola hutang piutang jatuh tempo
  • Reminder Hutang Piutang, Giro Jatuh Tempo, Stok minimum
  • Mencetak invoice, faktur pajak serta menyajikan laporan secara otomatis, mulai dari laporan stok, hutang piutang, barang terjual, barang paling laris, posisi kas
  • Mengelola pembelian
  • Mengelola data pelanggan dan data vendor
  • Mengelola fixed asset beserta perhitungan penyusutan secara otomatis
  • Menganalisa produk paling laku, paling menguntungkan
  • Berbagai grafik interaktif beserta analisa bisnis
  • Mengelola pengelompokan barang
  • Menyajikan laporan keuangan secara otomatis

Fitur dan Fungsi

Pemasok/Suplier
Fitur ini mengelola pemasok barang ke tempat kita. Disini kita mencatat data-data pemasok.

Faktur Pembelian
Fitur ini mencatat setiap pembelian barang dari pemasok. Mulai dari jenis barang, jumlah, harga, diskon, dan cara pembayaran dicatat melalui fungsi ini. Sehingga barang-barang yang dibeli dapat dilihat semua disini. Selain itu juga dapat mencatat pembelian yang tidak jadi karena barang rusak.

pembelian Jenis/Tipe Mobil
Fungsi ini menampilkan Jenis atau tipe mobil yang ada. Kita dapat menentukan ID untuk setiap jenis Mobil yang diinputkan.

dftra_mobil
Komponen
Fungsi ini mengatur komponen-komponen yang ada. Kita juga dapat mengatur ID untuk setiap komponen yang dibuat. Contoh ID 5201 untuk bearing roda depan luar, ID 5202 untuk bearing roda depan dalam.
Barang
Fungsi ini untuk mengatur barang-barang yang ada. Kita juga dapat mengatur ID untuk setiap barang yang dibuat. Contoh ID 5201 0001 11 untuk barang bearing roda depan luar mobil avanza dari distributor A.

dftr_barang
Produk/Stok/Katalog
Fungsi ini menampilkan seluruh stock yang masih ada di gudang. Kita dapat melihat jumlah barang yang masih tersedia di gudang ini beserta kondisinya, apakah masih bagus atau cacat. Disini juga kita dapat melihat history jumlah barang tertentu, jadi kemana keluar masuknya barang dapat kita lacak fakturnya melalui fitur ini.
Barang yang ada dapat dikategorikan menjadi barang baik dan cacat. Untuk barang cacat, ada beberapa tindakan. Seperti pengembalian barang melalui faktur return pembelian.
Pelanggan
Fitur ini mencatat semua data pelanggan, seperti nama, alamat, telp, dan lain sebagainya. Pada Modul ini pelanggan dikategorikan sebagai pelanggan umum dan pelanggan khusus (distributor dan reseller).
Faktur Penjualan
Sistem ini mencatat semua penjualan ke luar. Data-data yang dicatat seperti nama pelanggan, jenis barang yang dijual, jumlah barang, harga, diskon, cara pembayaran (cash, utang, dll) dicatat lengkap melalui tanggal ini. Nota penjualan juga dapat diprint.

penjualan_barang
Faktur Return Penjualan
Fungsi ini digunakan untuk penukaran barang yang tidak jadi atau cacat ke dari pelanggan ke tempat kita atau dari kita ke pemasok barang.
Pengguna
Fitur ini berfungsi untuk pengaturan pengguna sistem. Tingkatan dalam pengguna sistem: Super admin, Admin, Gudang.
Piutang
Fungsi ini digunakan untuk menampilkan daftar piutang. Data yang ditampilkan dapat difilter berdasarkan tanggal dan per supplier. Pada fungsi ini juga, kita dapat melakukan pemutihan terhadap piutang-piutang yang tidak mungkin lunas.
Pengaturan Angka
Fungsi ini untuk mengkonversi angka menjadi huruf. Tujuannya untuk menyembunyikan harga beli sparepart. Contoh:
◦ 1=J
◦ 4=A
Laporan
Fungsi ini untuk menampilkan laporan dalam bentuk grafik dan dapat pula dicetak. Jenis-jenis laporannya adalah
◦ Laporan kinerja karwayan
◦ Laporan stok minimal
◦ Laporan stok saat ini
◦ Laporan keuangan, laporan ini dapat dibagi lagi menjadi :
▪ Pembelian
▪ Penjualan
▪ Pembelian ke suplier
▪ Penjualan ke pelanggan

lap_penjualan
Backup
Fungsi ini untuk pengaturan backup database.

 

Berikut ini video demo

 

Silahkan bagi yang membutuhkan aplikasi ini, anda dapat menghubungi ke 085725249265 atau ke email ianpanrita@gmail.com atau ke WhatsUp 085725249265

.

Pencarian kata kunci di search engine :
  • contoh soal microsoft excel manajemen akuntansi barang sparepart mobil
  • contoh program keluar masuk kendaraan
  • contoh laporan perusahaan penjual spertpart
  • data onerdil
  • contoh cara pencatatan sparepart kendaraan dalam pembukuan

So, what do you think ?